10.16.2011

Foursquare bagi Maling adalah Radar Dragon Ball!

Secara sadar atau tidak jejaring sosial selalu berhasil membujuk kita untuk membeberkan kehidupan pribadi kita ke muka umum. Setiap ada hal-hal yang baru, kita pasti selalu ingin membagikannya ke publik.
Foursquare, jenis jejaring sosial yang fungsinya untuk mengabarkan posisi/keberadaan si pengguna jejaring sosial tersebut. Bisa dibilang semacam radar lah. Mmm… Ya radar!
Teknologi jauh berkembang pesat. Kita tak perlu bingung untuk mengetahui keberadaan seseorang, toh Foursquare sudah ada. Tinggal lihat ‘check-in’ terkini akun orang tersebut kita bisa dengan mudah mengetahui dia berada dimana. Nah, dengan segala kemudahan Foursquare inilah sebagian orang dapat mengambil ‘keuntungan’. Kita semua tahu, segala informasi yang kita publish atau kita cantumkan di akun jejaring sosial dapat dengan mudah di akses dan dilihat orang - orang di dunia maya. Bisa jadi informasi itu sangat ‘menguntungkan’ bagi sebagian orang. Keuntungan yang saya maksud itu begini, misal kamu sedang sendiri di rumah, lalu kamu check in Foursquare kamu begini “home alone, sepi euy… (@ My House, Jakarta Capital Region)”. Bagus, kalau update kamu itu dibaca oleh teman-teman kamu, yang kemudian nantinya akan bertamu ke rumah kamu agar kamu tidak merasa kesepian. Nah, kalau yang baca maling?? Misal saya jadi maling (maling modern, yang kenal teknologi) dari update kamu itulah saya bisa dengan mudah mengetahui keadaan rumah kamu, sepi. Saya dan teman-teman saya bisa dengan mudah ‘bertamu’ ke rumah kamu, membekap kamu dengan selotip (atau malah menghabisimu), dan segera melucuti segala harta di rumah kamu. Hahaha gimana? Lihat bukan? Foursquare bagi maling adalah Radar Dragon Ball. Mereka dengan mudah melihat ‘Dragon Ball’ mana yang daerahnya dekat dengan keberadaan mereka saat itu. Jika situasinya mereka anggap kondusif, mereka bisa langsung meluncur ke lokasi dan segera merampoknya.
Jangan sembarangan check in Foursquare.

Tidak semua orang di dunia itu baik dan kebanyakan orang jahat itu lebih pintar dari apa yang kita kira.

No comments: